joko

Klasifikasi dan morfologi tanaman hias anthurium

Klasifikasi dan morfologi tanaman hias anthurium. Anthurium termasuk kedalam jenis tanaman hias yang lumayan langka untuk masa sekarang.

Secara umum Anthurium dapat di klasifikasikan kedalam dua jenis yaitu anthurium yang hanya memiliki daun atau sering disebut anthurium daun dan anthurium yang memilki bunga atau sering disebut anthurium bunga.

Anthurium daun memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuk daun yang hampir tak memilki batang, jika dilihat sekilas anthurium jenis ini seperti langsung tumbuh dari dasar tanah, tidak seperti tanaman pada umumnya yang tumbuh dengan batang terlebih dahulu. Sedangkan anthurium bunga lebih menonjolkan keunikan pada keragaman bunganya itu sendiri.

Anthurium termasuk kedalam tanaman hias keluarga Araceae. Tanaman Anthurium masih saudara dari beberapa tanaman hias lain seperti Ahilodendron, Aglaonema, Alokasia, dan Keladi hias. Anthurium memiliki sifat unik seperti evergreen, dengan kata lain tanaman ini akan tetap hijau pada berbagai iklim, baik tropis maupun subtropis.

Anthurium memiliki sifat epifit atau dapat tumbuh di atas pohon. Tanaman Epifit berbeda dengan Parasit, tanaman epifit dapat tumbuh sepenuhnya di pohon dan terlepas sepenuhnya dari tanah, dengan kata lain tanaman jenis epifit dapat mengambil nutrisi dari pohon tempat ia tumbuh.

Namun, ada juga jenis Anthurium yang memiki sifat Terestrial dalam artian dapat tumbuh langsung di dasar tanah seperti tanaman lain pada umumnya. Anthurium biasa tumbuh di tengah hutan liar yang rimbun, oleh karenanya tanaman hias ini tidak boleh terlalu sering terkena sinar matahari langsung.

Dari berbagai jenis Anthurium yang ada, ada beberapa jenis yang paling di cari banyak kalangan terutama para kalangan pencinta tanaman hias.

Jenis Anthurium yang sangat diburu saat ini adalah Anthurium Reflexinervium. Anthurium Reflexinervium sangat diburu para pecinta tanaman hias dan kolektor – kolektor karena bentuknya dan ketersediaan yang sudah sangat langka.

Anthurium Reflexinervium termasuk kedalam kategori Anthurium daun yang sangat langka, karena habitat aslinya anthurium jenis ini tumbuh di bebatuan, sehingga sangat sulit ditemukan.

Anthurium jenis ini juga mempunyai bentuk dan tekstur yang sangat unik, selain kerutan daunnya yang dapat memancarkan cahaya, anthurium ini juga memilki tongkol yang berwarna ungu saat masih muda, dan berubah menjadi burgundy saat sudah mulai remaja, daun Anthurium Reflexinervium dapat mencapai panjang sekitar 50cm.

Harga dari Anthurium Reflexinervium juga sangat mahal, di Habitat aslinya di daerah amerika satu buah bibit yang sudah tumbuh dapat mencapai harga U$30, jadi bisa dibayangkan sendiri harganya bila sampai ke tanah air, sungguh sangat menakjubkan bukan?

namun bagi para pecinta Anthurium Reflexinervium, harga bukanlah masalah utama, masalah dari Anthurium Reflexinervium adalah cara perkembangbiakannya yang terkenal sangat sulit.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Ekosistem Hutan Hujan Tropis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *